Selasa, 10 Oktober 2017

Baca Bukunya, Dan Rasakan Keseruan Valuasi Saham !



Buku wajib untuk kolektor saham murah(an)

Judul Buku      : Investasi Saham ala Fundamentalis Dunia
Penulis             : Ryan Filbert dan William Prasetya
Nama Penerbit : PT. Elex Media Computindo
Tebal  Buku    : XXIII + 197 Halaman
Tahun Terbit   : 2017

ULASAN SINGKAT
Cara termudah untuk mengetahui apakah seseorang sedang sakit atau tidak adalah dengan mengukur suhu tubuh. Bila demam, hal itu menandakan bahwa orang tersebut sedang sakit. Lalu, suhu tubuh seperti apa yang menunjukan bahwa orang tersebut dapat dikatakan demam? Seseorang dapat dikatakan demam apabila suhu tubuhnya melewati batas normal yaitu diatas 37 derajat Celcius. Apabila dikaitkan dengan kondisi perusahaan, perusahaan dapat dibilang sedang ‘sakit’ ketika memiliki banyak utang yang tidak bisa dibayar, bahkan bisa mengalami kematian yaitu kebangkrutan. Tugas investor adalah melakukan analisis dari ‘Rekam Medis’ perusahaan yaitu melalui Laporan Keuangan agar tidak membeli saham perusahaan yang sedang sakit. Itulah yang disampaikan Ryan Filbert dan William Prasetya pada pendahuluan dari buku ini.
Pembahasan buku ini diawali dengan manfaat dari pencatatan transaksi keuangan. Agar pembaca mudah memahami isi dan sistematika laporan keuangan, penulis menggunakan ilustrasi sederhana dari sebuah warung kecil yang melakukan pencatatan keuangan. Meski hanya melakukan pencatatan keuangan sederhana, ternyata dapat memberikan banyak manfaat terutama dalam kelanjutan usahanya dibandingkan dengan pemilik warung yang tidak melakukan pencatatan keuangan apapun. Kemudian, pria yang berhasil membeli apartemen berkat investasi saham itu melanjutkan ilustrasinya dari warung kecil ke perusahaan besar seperti PT. Astra  Agro Lestari, Tbk. Dilanjutkan pula penjelasan yang sama dari ilustrasi warung kecil tersebut dengan pembahasan yang lebih kompleks. Salah satu tujuannya adalah agar pembaca yang masih awam tidak kesulitan mencerna ilmu yang disampaikan oleh sang penulis ketika memasuki pembahasan yang lebih rumit.
Salah satu pembahasan utama dari buku ini adalah bagaimana cara membeli saham yang harganya lebih murah daripada nilai instrinsiknya. Banyak investor yang mengetahui perusahaan apa saja yang dikategorikan ‘sehat’ secara fundamental. Tetapi salah dalam menilai mahal atau tidaknya harga saham tersebut. Membeli saham perusahaan dengan fundamental bagus tetapi membelinya di harga yang mahal secara valuasi, akan membuat keuntungan investasi menjadi tidak maksimal. Maka dari itu di akhir bab buku ini dijelaskan bagaimana cara menghitung valuasi harga saham. Cara menghitung valuasi harga saham sebenarnya hanya dua yang perlu dipahami yaitu Future Value dan Present Value.
Pada dasarnya, pengertian Future Value merupakan harga barang yang akan mengalami kenaikan di masa yang akan datang. Misal, bila harga barang hari ini adalah Rp. 1.000, untuk harga tahun depan dengan asumsi kenaikan 10%, akan menjadi Rp. 1.100. Rumusnya yaitu Harga tahun depan = Harga tahun ini x (1 + persen kenaikan/100).
Lalu untuk Present Value sendiri menjelaskan bahwa nilai uang pada saat ini tidak dapat digunakan untuk membeli barang yang sejenis di masa yang akan datang karena kenaikan harga barang. Bila dengan kenaikan harga sebesar 10% setiap tahun, nilai uang Rp. 10.000 di tahun depan akan setara dengan Rp. 9.090 di tahun ini. Angka tersebut didapat dari rumus Nilai saat ini = Nilai tahun ke-X/(1+persen kenaikan/100)tahun ke X.
Dalam kondisi analisis laporan keuangan, bila ingin mendapatkan nilai di masa yang akan datang, nilai tersebut berhubungan dengan compounding (future value), sedangkan untuk nilai saat ini disebut dengan discounted (present value).
KEUNGGULAN BUKU
Buku ini tidak menggunakan bahasa yang rumit dalam pembahasan. Sehingga sebagai pembaca cukup mudah untuk mencerna apa yang dijelaskan sampai buku selesai dibaca. Setiap ada materi yang sulit untuk dipahami, penulis selalu membuat ilustrasi yang sangat sederhana sehingga orang awam sekalipun dapat mengerti tentang bahasa keuangan yang disampaikan di dalam buku ini. Pada setiap akhir bab, penulis juga membuat ringkasan agar pembaca mengingat kembali tentang materi yang telah dipelajari pada bab tersebut. Adapun secara visual, baik ukuran font maupun kecerahan halaman, sudah cukup baik. Sehingga tidak membuat mata pembaca menjadi cepat lelah.
KELEMAHAN BUKU
Di salah satu materi tentang cara perhitungan, terdapat angka yang tidak dijelaskan kembali, darimana angka tersebut berasal. Apabila pembaca kurang jeli, maka akan kesulitan untuk memahaminya.
Akhir kata, buku Investasi Saham ala Fundamentalis Dunia karya Ryan Filbert dan William Prasetya ini merupakan buku yang wajib dibaca terutama untuk value investor yang selalu mencari saham berfundamental bagus tetapi dengan harga yang murah. Gaya penulisan yang membuat pembaca seperti berbicara dengan penulisnya juga salah satu alasan kenapa buku ini layak untuk dibaca.

Penulis : Herry Triatmojo

Editor : Bayu Cahyadiputra

0 komentar:

Posting Komentar